Kegagalan dan Keberhasilan Penulis Artikel Blog

 Kegagalan dan Keberhasilan Penulis Artikel BlogSudah capek-capek nulis, eh, ternyata banyak pembaca malah bingung (tidak mengerti) dengan maksud tulisan kita. Pernah mengalami demikian? Itulah yang saya maksudkan dengan kegagalan terbesar penulis blogCara Membuat Blog INTRO Tanpa Flash Player.

Sebenarnya ini tidak harus Anda tangkis dengan dalih bahwa latar belakang pembaca itu berbeda-beda atau setiap penulis itu punya karakter yang tidak sama. Tak harus pula Anda tangkis dengan alasan bahwa Anda cuma nulis buat diri sendiri. Kalau memang cuma buat diri sendiri, tak perlulah Anda tinggalkan linkOptimasi SEO Off Page Optimization blog Anda ke mana-mana saat berkomentarMemblokir Url Artikel Kontes SEO Di Blog di blog lain. Dengan demikian, potensi untuk dibaca oleh orang lain pun akan semakin kecil.

Sekali lagi. Itu kalau Anda memang menulisCara Mudah Mencari Ide Menulis Artikel di Blog cuma buat diri sendiri.

self-oriented

Kalau alasan karena karakter setiap penulis berbeda?

Saya rasa tidak pas juga dikaitkan dengan itu. Apa pun karakter menulis Anda, Anda tetap bisa mengupayakan agar tulisan Anda bisa lebih mudah dipahami. Ini cuma perkara niat saja. Kita tetap bisa menulis sesuai karakter, namun tanpa membuat pembaca kesulitan memahami apa yang kita tulis. Kecuali kalau tulisan Anda berjenis sastra (fiksi).

Anda suka menulis tutorialCara Cepat Memanggil Robot Google ke Blog? Jika ya, pernahkah Anda coba memposisikan diri sebagai pembaca yang menjadi target tulisan tutorial Anda tersebut? Kalau tidak, ada kemungkinan tutorial yang Anda tulis tersebut akan tidak bisa dipahami dengan mudah oleh target pembaca.

Katakanlah Anda suka menulis tutorial yang agak bersifat teknis. Jika target pembaca tutorial tersebut adalah mereka yang tergolong agak awam, maka mau tau mau Anda harus sedikit menyederhanakan gaya penyampaian. Lebih baik lagi Anda mau memberikan penjelasan yang sekiranya bisa dimengerti oleh mereka yang masih agak awam. Kecuali kalau target tutorial itu cuma buat mereka yang Anda anggap sudah agak ‘expert’ (berpengalaman).

Jadi, pastikan/tentukan dulu target tulisan Anda. Ini penting sebagai langkah awal untuk memilihCara Memilih Topik Terpopuler di Blog gaya bahasa dan caraCara Membuka Situs Yang Di Blokir penyajian.

gaya menulis

Terkait hal3 Hal Penting Yang Bisa Membuat Artikel Menjadi Populer itu, beberapa kali saya menemukan gaya penyampaian tutorial yang kurang bisa dipahami dengan baik. Penyebabnya macam-macam. Ada yang terkesan cuma ingin pamer pengetahuan teknis (mungkin berdalih cuma buat diri sendiri). Ada pula yang masih terkesan setengah hati (nanggung). Saya sering menyebutnya sebagai ‘tutorial setengah hati’ icon biggrin Kegagalan dan Keberhasilan Penulis Artikel Blog

Betul. Mungkin itu cuma dugaan atau asumsi yang sulit dibuktikan kebenarannya. Namanya juga asumsi. Pasti sangat subyektif. Anda boleh tidak setuju.

Namun jika Anda memang berniat menyebarkan ilmu dan ingin berbagi, saya rasa Anda perlu memposisikan diri sebagai pembaca. Cobalah sedikit merenung, kira-kira tulisan saya sudah bisa dipahami dengan baik atau belum ya? Jangan ragu untuk memberikan penjelasan-penjelasan tambahan jika dengan itu bisa semakin mempermudah pemahaman pembaca.

Jika perlu, berikan pendekatan dengan gaya bahasa semembumi mungkin.

Tak perlu khawatir jika nanti tutorial/tulisan Anda jadi kepanjangan. Itu lebih baik daripada terlalu singkat, namun berpotensi menimbulkan kebingungan atau salah tafsir. Tak perlu pula khawatir jika nantinya tulisan Anda jadi terkesan biasa-biasa saja karena lebih banyak menggunakan pendekatan bahasa non teknis.

Boleh saja menggunakan beberapa istilah teknis. Saya pun beberapa kali menggunakannya ketika menulis topik tertentu. Namun alangkah baiknya kita juga memberikan penjelasan atau definisi istilah tersebut. Lebih baik lagi jika kita jelaskan dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka yang agak awam. Kalau saya beri contoh, tulisan saya tentang perbandingan efek link focus pada 5 browser utama mungkin cukup layak jadi sedikit contoh. Di situ saya memberi penjelasan mengenai apa itu efek ‘focus’ pada link. Saya juga memberi ilustrasi berupa gambar agar pembaca bisa lebih mudah memahami.

Bahasa yang saya gunakan untuk menjelaskan juga relatif mudah dipahami, sekalipun oleh mereka yang baru mendengar tentang ‘link focus’. Setidaknya itu tercermin lewat beberapa komentarMemblokir Url Artikel Kontes SEO Di Blog yang masuk.

Hal ini juga berlaku jika Anda menulis jenis opini/analisis. Bahkan juga berlaku pada tulisan berjenis informasi tentang perkembangan terbaru suatu bidang.

Di sisi lain, kadang kita mungkin menilai pembaca bodoh karena kurang bisa memahami tulisan kita dengan baik. Padahal, bisa jadi itu karena tata bahasa dan cara penyampaian kita yang masih kacau. Kadang pula karena kita terlalu percaya diriCara Agar Selalu Percaya Diri bahwa tulisan kita bisa dengan mudah dipahami.

Oleh karena itu, ada baiknya mengevalusi cara penyampaian pada tulisan kita.

Bukankah lebih membahagiakan batin jika kita mengetahui bahwa banyak pembaca akhirnya bisa memahami dengan baik apa yang kita tulis, sekalipun sifatnya agak teknis? Itulah salah satu keberhasilan terbesar penulis.

Hanya seorang pemula yang ingin belajar teknik seo dan optimasi seo. segala tips blogging yang saya dapatkan, saya tuangkan ke dalam suatu wadah blog Cosarosta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>