Canon Powershot sx 130. Kamera ini boleh dibilang kompromi antara bujet dan fitur serba bisa. Ukuran di atas jenisJenis-Jenis Transmisi Data di Komputer kamera saku namun menawarkan kontrol manual ala SLR, single lens reflex, yang biasanya ditenteng fotografer hobiis hingga profesional.

Melongok spesifikasi di beberapa situs kamera, dua di antaranya dpreview dan jpckemang, segera saya jatuh hati. Di mata saya, kamera yang dirilis Agustus lalu ini pas menemani hobi travelling. Cakep buat motret pemandangan/lanskap karena lensa wide 28 mm sekaligus mantap motret jarak jauh dengan zoom 12 kali yang setara 360 mm.
Oya dengan lensa wide pula, saya bakal puas memotret keluarga atau teman di dalam ruangan sempit. Karena, lensa lebar tentu lebih mampu ‘menangkap’ semua obyek dibandingkan dengan lensa standar 36 mm.
Fitur inti SX 130 yaitu resolusi 12 megapixel, multi zoom optik 12 kali (28 -360mm), pengaturan PASM, mampu merekam video berkualitas HD, dan penahan guncangan atawa image stabilizer. Kita juga dimanjakan untuk memotret makro atau jarak terdekat 1 cm. Sederhananya untuk itu lho, motret kumbang, serangga, makanan/kuliner, atau produk.

Canon Powershot sx 130

Dengan resolusi di atas 10 Mp, tentu hasil fotoCara Pasang Foto di Komentar Blog WordPress mampu dicetak di kertas art paper yang umum dipakai majalah. Siapa tahu foto lanskap Bunaken di Manado atau karapan sapi di Madura dimuat di majalah wisata qeqeqe
Sementara itu, untuk jenis kertas koran yang LPI-nya (gampangnya, satuan kerapatan pori-pori kertas) rendah, menurut Arbain Rambey di Kompas,  kita sudah cukup dengan kamera beresolusi 3 Mp ke atas.
Zoom optik 12 kali, seperti saya tulis di atas, memang memanjakan hobi bertualang. Foto pemandangan, ayo. Foto detil di kejauhan, monggo.
PASM. Istilah yang diambil dari akronim fitur pengaturan pada kamera. Juga terdapat pada kamera SLR. Program, Aperture (berdasar diafragma yang kita mau), Speed (kecepatan) dan Manual (kita tentukan sendiri diafragma dan speed-nya). Inilah yang saya sebut mendekati kemampuan kamera SLR. Bagi saya sendiri, fitur ini sekaligus mengasah kemampuan fotografis, bagaimana membaca momen, mengenali situasi dan ‘mengukur’ cahaya.
Video kualitasTips Mengembangkan Kualitas Artikel dan Blog Anda HD, meski bukan full HD. Resolusi video sebesar dimensi 1280 x 720, ini jauh diatas perekaman video konvensional yang paling banter 600 x 480. Mohon koreksi kalau meleset sedikit. Paling kentara, ketika kita putar di tv, gambar jauh lebih jelas dan tidak pecah.
Image  stabilizer sejatinya sudah menjadi standar kamera digital saat ini. Mengurangi risiko gambar kabur karena dampak guncangan saat jeprat-jepret. Pengalaman saya, fitur membantu sekali ketika kita memotret dari dalam kendaraan. Apalagi ketika dalam kondisi diam, tentu gambar yang dihasilkan lebih bagus lagi.

Canon Powershot sx 130

Canon PowerShot SX130 150x150 Canon Powershot sx 130
Sedangkan baterai memang bukan lithium, tapi jenis baterai ukuran AA. Kita bisa menggunakan jenis baterai isi ulang NiMH dengan beragam merk. Saya sendiri sepertinya memilih merk Eneloop dari Sanyo. Jika memiliki dana lebih, pilihan lainnya banyak termasuk merk Maha. Sanyo juga memiliki merk selain Eneloop seperti yang saya pakai sebelumnya. Merknya ya baterai Sanyo thok : )

Baterai lithium tentu menang soal daya tahan. Sayangnya, jika kehabisan kita mesti isi ulang yang artinya butuh colokan listrik. Bisa sih di mobil, tapi bagaimana jika kehabisan baterai di tengah atraksi wisata Nyadran di Bantul, Yogyakarta atau Klaten, Jawa Tengah.Nah keunggulan baterai ukuran AA adalah praktis, jika habis dan kondisi kepepet kita tidak sempat menge-charge, tinggal mampir ke warung, beli baterai Alkalin ukuran AA, jadilah!

Lantas, bagaimana dengan harga yang sebelumnya disebut kompromi antara ketersediaan dana dan kemampuan kamera. Di toko kamera di Jakarta, banderol Rp 2 juta. MahalBeberapa Potongan Rambut Yang Paling Mahal? Tentu jika dibandingkan kamera digital yang banyak ditawarkan akhir tahun ini.
Di pasaran, kamera digital ukuran saku/pocket bermerk JepangGadget Paling Aneh Buatan Jepang seperti Nikon, Panasonic, SonySony CP-ELS 2000, Bukan Sembarang Power Bank, dan Canon sendiri atau merk Amerika seperti Kodak, berlabel harga Rp 1 jutaan bahkan ada yang mulai dari Rp 800 ribu seperti beberapa seri Kodak.
Jauh ya? ya iya. Tentu fiturnya pun standar.
Untuk Canon, bahkan promo bulan ini menawarkan Canon seri PowerShot A3000 seharga Rp 1,1 juta. Kalau tidak salah, plus memory card 4 Gb. Nikon L22 mengikuti langkah promo dengan harga Rp 1 juta, bahkan di beberapa toko malah rp 900 ribu. Kodak pun meramaikan bulan terakhir ini tawaran seharga Rp 800 ribu. Sanyo, khusus di LotteMart, Jakarta, malah cukup ditebus duit dibawah Rp 600 ribu.
Fitur mereka memang sekelas kamera ‘point and shot’. Untuk kebutuhan dokumentasi keluarga dan sedikit urusan kantor, tentu cukup. Resolusi rata-rata 10 Mp, tentu tanpa kontrol PASM, beberapa sudah baterai lithium, zoom optik 4 kali, dan video standar: 600 x 480. Pokoknya 1-2-3, senyum dan jepret.

Kembali ke SX130, sederet kemampuan dan harga yang sepertinya 2 kali lipat kamera poket paling ekonomis, kamera ini sepadan dengan kebutuhan multifungsi. Serba bisa namun nggak semahal kamera SLR yang termurah pada harga Rp 4,3-4,5 juta. Setahu saya sih: Canon 1000D, Nikon D300, dan Sony Alpha 320.Sedangkan kamera pocket Canon berlensa lebar 28 mm dengan harga terdekat di bawah Canon Powershot sx 130 adalah seri seri Ixus 105 (Rp 1,5 juta) dan Ixus 130 (Rp 1,8-1,9 juta). Video kualitas HD dan berbaterai lithium namun zoom optik hanya standar, 4 kali, dan tanpa PASM. Nah, dengan nambah kocek beberapa ratus ribu, kita dapat menikmati fitur jauh lebih komplit.

Tentu ini refleksi dari ketersediaan dana qeqeqe dan kebutuhan saya. Serta memilih kamera serba bisa yang mampu menyediakan fitur-fitur melatih skill fotografi terutama fitur Canon Powershot sx 130.
 Canon Powershot sx 130 Canon Powershot sx 130

BELI DISINI